Troubleshooting Jaringan


Beberapa Trouble Shooting Jaringan Dan Solusinya

Kita tahu bahwa banyak sekali troubleshooting pada jaringan. Tapi di sini saya akan menjelaskan beberapa masalah trobleshooting jaringan, khususnya dengan permasalahan tidak dapat mengakses internet dan tambahannya saya pun akan membahas sedikit mengenai troubleshooting pada jaringan LAn. Semoga bermanfaat yaa.
Troubleshooting jaringan merupakan proses sistematis yang diaplikasikan untuk memecahkan masalah pada jaringan. Troubleshooting jaringan kebanyakan adalah melakukan serangkaian langkah-langkah untuk mengeliminir potensi-potensi masalah satu per satu sebelum akhirnya kita menemukan sumber masalah tersebut. Pada dasarnya ada tiga langkah pokok dalam melakukan troubleshooting jaringan yaitu: mengisolasi masalah; troubleshooting masalah; dan solusi penyelesaian masalah.
Trouble Shooting Jaringan di sebabkan oleh beberapa hal diantaranya :
1.       Kerusakan pada level Fisik (perangkat Jaringan), seperti Switch, Ethernet Card, dan Kabel Jaringan
2.       Setting & Konfigurasi Jaringan tidak benar
Contoh : Crimping Kabel salah, Setting IP Salah, dll
3.       Virus Jaringan
Berikut beberapa trouble Shooting Jaringan yang sering Terjadi
4.   1. Trouble Shooting       Status adalah Connected akan tetapi tidak bisa akses internet
De Description : Connected status
Analisa Masalah :
Status ini menunjukkan bahwa komputer kita terhubung dengan jaringan dengan sempurna, yaitu terhubung kepada router / modem di layer tengah pada gambar layer diatas. Jika jaringan wireless, maka komputer terhubung kepada wireless router dengan baik. Hal ini menunjukkan ada masalah pada layer atas yaitu Internet.
Solusi :
  1. Pastikan terlebih dahulu dengan membuka browser internet kita dan check ke website tertentu misal saja ke www.detik.com atau ke www.kompas.com atau kemanapun. Jika anda bisa mengkases website tertentu akan tetapi website yang lain bagus, berarti tidak ada masalah pada sisi jaringan anda. Masalah terletak pada pihak ISP yang mungkin salah satu backbonenya rusak atau putus. Jika sama sekali anda tidak bisa membuka internet kemanapun, teruskan langkah berikut.
  2. Lepaskan sambungan modem yang ke line telpon atau Cable line, tunggu beberapa saat barang semenit kemudian koneksikan lagi.
  3. Lepaskan sambungan wireless router dari modem (sambungan antara port LAN pada modem dan port WAN pada wireless router), tunggu beberapa saat kemudian sambung lagi. Ini jika anda mempunyai perangkat terpisah antara wireless router dan modem.
  4. Restart komputer anda dan ulangi untuk membuka dan akses website. Jika anda bisa mengkases website akan tetapi koneksinya lambat sekali sementara komputer lain bisa mengkases (jika ada lebih dari dua komputer dalam jaringan) anda bisa mencurigai beberapa komputer yang lain sedang mengkonsumsi bandwidth sangat intensive mungkin sedang streaming HD media dari internet atau banyak melakukan sharing files dengan beberapa komputer. tutup di komputer lain tersebut beberapa aplikasi yang mencurigakan dan bila perlu matikan sementara untuk memastikan masalah. Jika tak satupun website terbuka, maka lakukan langkah berikut ini.
  5. Jika anda mempunyai modem dan wireless router terpisah, cobalah putuskan koneksi ke wireless router dan koneksikan komputer anda langsung kepada modem. Restart komputer anda dan coba lagi akses internet. Jika anda sukses akses ke internet, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan wireless router anda.
  6. Jika langkah tersebut masih juga belum berhasil akses internet, maka bisa dipastikan ada masalah dengan modem anda atau ada masalah dengan IS P anda. Telpon ISP anda untuk memastikan kalau ada masalah dengan layanan Internet.
Trouble Shooting :                                                        Description : Disabled status
2. NIC atau wireless adapter status disabled
Analisa Masalah : Jika gambar status diatas ini buram abu-abu  maka dipastikan bahwa adapter dalam keadaan Disabled. Ada seseorang yang secara tidak sengaja men-disabled nya atau mungkin anda sendiri yang iseng coba-coba klik sana sini dan klik Disable
Solusi : Klik kanan icon tersebut dan pilih Enable.

Trouble Shooting :
3. limited or no connectivity Status   Description : Limited or no connectivity status
Analisa Masalah : Kondisi limited or no connectivity pada dasarnya tidak ada masalah dengan komputer anda, koneksi ke router atau modem juga tidak ada masalah, akan tetapi konfigurasi wireless router tidak sempurna. Hal ini biasanya berhubungan dengan konfigurasi DHCP pada router tidak aktif atau ada masalah koneksi antara modem dan internet (jika fihak ISP memberikan layanan DHCP kepada clients). Troubleshooting jaringan dengan status limited or no connectivity ini disebabkan beberapa masalah berbeda termasuk koneksi internet yang gagal, wireless router atau adapter yang tidak dikonfigure dengan benar
Solusi : Berikut Langkah-langkah penyelesaiannya :
  1. Klik kanan adapter tersebut dan pilih Repair. Perhatikan apakah sudah normal connected atau masih limited. Langkah ini memastikan untuk mendapatkan IP address dari DHCP server.
  2. Buka property TCP / IP dari adapter anda dan pastikan bahwa TCP/IP konfigurasinya adalah obtain IP address automatically.
  3. Putuskan koneksi ke modem, tunggu sebentar dan koneksikan lagi.
  4. Jika ada wireless router terpisah dengan modem, putuskan koneksinya – tunggu beberapa saat dan hubungkan lagi.
  5. Restart komputer anda
  6. Sampai langkah ini masih juga status limited, maka lihat konfigurasi router atau apakah konfigurasi DHCP nya sudah enabled.
  7. Restart komputer anda. Jika status masih Limited or no connectivity , dan jika wireless komputer dan modem terpisah, cobalah putuskan modem dan router terus koneksikan komputer anda langsung ke modem. Restart komputer dan periksa apakah status sudah berubah.
  8. Jika masih juga status limited, hubungi ISP anda. Status ini menunjukkan adanya DHCP gagal fungsi tidak bisa memberikan IP address ke clients. Biasanya fihak ISP memberikan konfigurasi DHCP kepada clients.
4. Trouble Shooting : 5.      Kable terputus atau lepas 
De  Descrription : Status jaringan kabel terputus
Analisa Masalah  & Solusi Kondisi ini menunjukkan koneksi kabel terlepas, tidak ada koneksi ke router / modem.
  1. Periksa apakah ada kebel terlepas
  2. Jika kabel sudah terhubung sempurna ke router / Switch, cobalah swap ke port lain pada router / Switch. Anda juga bisa memeriksa status lampu pada router atau switch saat kabel terhubung ke komputer nomor berapa port tersebut terhubung, biasanya lampu akan berkedip jika ada hubungan ke wireless router / switch pada port yang bersangkutan.
  3. Jika masih juga status terputus, cobalah ganti kabel jaringannya dengan yang baru atau coba pinjam dengan kabel yang terbukti jalan dari komputer sebelah.
  4. Jika masih status terputus, sementara komputer lain jalan – maka anda bisa mencurigai adapter anda rusak. Gantilah dengan yangbaru.
  5. Crimping Ulang Ujung Kabel RG45
5. Trouble Shooting : 6.      Wireless adapter tidak dapat terhubung kepada wireless network
Description : Tidak ada koneksi ke wireless network
Analisa masalah & Solusi Status ini menunjukkan koneksi wireless adapter anda terputus dengan jaringan wireless anda. Ada dua kemungkinan, adapter wireless anda tidak bisa terhubung ke wireless network anda, atau koneksi wireless intermittend.
6. Trouble Shooting 7.       Unindentified Network
Analisa masalah & Solusi Masalah ini disebabkan Koneksi Jaringan tidak berjalan sempurna di akibatkan oleh port RG45 yang tidak pas pada Switch (Longgar), atau Pin Kabel Jaringan putus. Solusi :
1.       1. Kencangkan RG45 pada Port Switch
2.       2. Crimping Ulang Ujung Kabel RG45
3.       3. Instalasi kabel dengan yang baru
7. Trouble Shooting 8.       Jaringan Connect & Disconnect
Analisa Masalah Kondisi ini disebabkan oleh salah satu virus jaringan Generic Host, khususnya menyerang sistem operasi windows xp
Solusi : 1.       1. Hilangkan Virus Generic Host Pada komputer
2.       2. Instalasi Ulang Windows
3.       3. Lebih Jelas Bisa Lihat Disini
8. Trouble Shooting 9.       Switch Jaringan Broadcast (Lampu-lampu  switch Berkedip Kencang)
Analisa Masalah Dan Solusi Kondisi ini disebabkan Traffic Jaringan sangat tinggi, sumber traffic bisa berasal dari Jaringan Internet, PC Client ada yang Hang. Sehingga mengakibatkan jaringan putus.  Untuk mengatasi  hal tersebut anda bisa memutus salah satu titik Backbone sumber masalah
9. Trouble Shooting 10.   IP Conflic
Analisa masalah & Solusi Kondisi ini disebabkan ada 2 ip yang sama dalam satu segmen jaringan, Solusi :
1.       1. Anda bisa Menscan Dengan Tools IP Scanner untuk menemukan IP Yang Conflic kemudian merenamenya.
2.       2. Ganti Setting IP ke Mode DHCP, supaya IP di berikan otomatis.
Selain masalah-masalah yang telah disebutkan di atas, ada beberapa amsalah lainnya, yaitu:
a. Kondisi Server situs tujuan (25% )
b. Kondisi Jaringan Operator 3G/GPRS (50% )
c. Kondisi Komputer/OS dan Aktivitas User (25%)
KONDISI SERVER SITUS TUJUAN (25%) merupakan Gangguan yang sering dialami oleh pemakai akses internet umumnya datang dari 3 sumber utama di atas.
(1) Kapasitas Server Situs TujuanSecara teknis setiap server mempunyai batas kemampuan maksimum jumlah akses yang bisa dilayani secara bersamaan. Bila jumlah ini dilampaui sering kali server tidak lagi akan merespon, terputus (time out) atau bahkan menjadi rusak (server down)
(2) Kapasitas Bandwidth dari Server Situs TujuanSetiap server terhubung ke internet mempunyai jumlah bandwidth yang besarnya tertentu.Apabila jumlah bandwidthnya sudah tidak mencukupi, maka koneksi ke server menjadi terputus
(3) Kondisi Koneksi dari Server Situs TujuanSeperti umumnya koneksi internet, koneksi server ke internet pun tidak selalu 100% setiap saat.Apabila koneksinya sedang bermasalah, maka koneksi ke server tersebut menjadi tidak stabil.
KONDISI JARINGAN OPERATOR 3G/GPRS (50%)
(1) Operator 3G/GPRS telah memberikan disclaimer (pernyataan) tertulis bahwa jaringan Operator 3G/GPRS untuk program kemitraan dengan ISP-ISP itu tidak mempunyai SLA (Service Level Agreement = Garansi kualitas jaringan).
(2) Operator 3G/GPRS juga telah memberikan disclaimer bahwa hanya ada QoS (Quality of Sevice = penyataan kapasitas kecepatan) bandwidth dan tidak bisa memberikan CIR (Committed Information Rate = Kepastian bandwidth minimum yang bisa diperoleh)
(3) Kondisi jaringan GPRS
(4) Kondisi jaringan 3G/UMTS/HSDPA
Oleh karena Operator 3G/GPRS-nya sendiri tidak bisa menjamin kualitas dari ketersediaan bandwidth koneksi setiap saat, maka masalah jaringan Operator 3G/GPRS merupakan faktor terbesar sebagai penyebab terjadinya gangguan. Tapi sebagai kompensasinya, Operator 3G/GPRS mempunyai early warning system untuk setiap trouble di jaringannya sehingga dapat selalu bereaksi dengan cukup cepat untuk mengatasinya.
KONDISI KOMPUTER, OPERATING SYSTEM DAN AKTIVITAS USER ( 25 %)
(1) Settingan komputer bermasalah
(2) Fitur automatic update pada operating system dan aplikasi dalam kondisi aktif
(3) Terpasang software-software untuk aplikasi file transfer dan remote connection
(4) Terdapat virus-virus, malware, spyware, adware dan lain-lain
(5) User melakukan cukup banyak aktivitas internet sekaligus yang aktif bersamaan
Semua masalah dan aktivitas di atas dapat menyebabkan koneksi ke server terputus (time out).
Macam-macam Trouble shooting jaringan LAN :
 1.Gejala : Koneksi jaringan putus-putus.
Masalah : Kemungkinan Tidak berfungsinya komponen jaringan yang disebabkan oleh korosi (berkarat), aus dan rusak. Korosi terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.
Solusi :  Mengganti komponen yang rusak dengan yang baru dan sering merawat komponen tersebut.
2. Gejala : Komputer tidak dapat terkoneksi dengan sistem jaringan kabel.
Masalah :
1. Kemungkinan terjadinya gangguan atau kerusakan pada kartu jaringan (Network Interface
Card).
2. Kemungkinan bermasalah pada kabel seperti; susunan, pemasangan, terputus, koslet.
3. Kemungkinan bermasalah pada konektor misalnya, tidak rapat, salah satu pinnya rusak
Solusi :
1. Periksa Kartu jaringan apakah sudah terpasang dengan baik, kemudian jika masih seperti itu sebaiknya  diganti
2. Periksa Kabel baik pemasangan, susunan kemudian cek kondisi kabel apakah dalam kondisi yang baik.
3. Periksa terlebih dahulu kondisi dari konektor, dan jika masih seperti itu sebaiknya diganti.
3. Gejala : Lampu indikator tidak menyala pada kartu jaringan dan pada Hub/switch.
Masalah :  Kemungkinan permasalahan pada kabel atau konektor tidak terpasang dengan baik (longgar) atau susunan kabel yang salah atau kabel terputus.
Solusi :  Cek kembali apakah konektor terpasang dengan baik dan pastikan tidak ada kabel yang terbalik susunannya serta tidak putus.
4. Gejala : Muncul pesan IP conflic.
Masalah : Terjadi alamat / IP Address yang sama.
Solusi : Melakukan setting ulang alamat IP Address dan subnetmasknya sesuai dengan jaringan yang digunakan.
5. Gejala : Folder atau file tidak dapat diakses pada komputer lain.
Masalah : Dikarenakan folder atau file tersebut belum di sharing.
Solusi : Cara masuk ke windows explorer pilih data atau directory yang akah disharingkan kemudian klik kanan lalu klik sharing
6. Gejala : Icon Local Area Conection tidak tampl pada network conection di control panel.
Masalah :
1.Kemungkinan Driver belum terinstall.
2.Pemasangan kartu jaringan kurang baik.
3.Kemungkinan slot pci kotor atau rusak.
4.Kartu jaringan rusak.
Solusi :
1.Cari dan install Driver yang sesuai dengan kartu jaringan.
2.Periksa pemasangan kartu jaringan.
3.Bersihkan slot pci yang kotor atau pindahkan ke slot pci yang lain.
4.Ganti kartu jaringan.
7. Gejala : Komputer meminta user dan password pada saat diakses oleh komputer lain pada jaringan peer to peer.
Masalah :
  1. Pada windows xp belum ada data yang tersharing
  2. Pada windows 7 atau Vista Password protected sharing belum di turn off kan
Solusi:
1. Sharing folder atau file terlebih dahulu pada windows xp.
2. Masuk keControl Panel lalu Network and Sharing Center kemudian Advanced sharing settings lalu turn off kan file protected sharing.
8. Gejala : Tidak bisa Login dalam jaringan (Tidak terhubung dengan internet).
Masalah : Tidak bisa masuk dalam jaringan berarti client tidak dapat mengakses jaringan secara keseluruhan. (Tidak terhubung dengan internet).
Solusi  : Dibatasi oleh mikrotik, mintalah admin untuk mendaftarkan physical address komputer yang dipakai atau meminta untuk dibuatkan account.
9. Gejala : Lampu indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub hidup, kabel utp yang digunakan dalam kondisi yang baik, akan tetapi tidak dapat terhubung.
Masalah : Kemungkinan terjadi kerusakan pada port kartu jaringan.
Solusi : Mengganti Kartu jaringan (Network Interface Card) dengan yang baru.
10. Gejala : Lampu indikator pada kartu jaringan dan pada switch/hub mati, kondisi kartu jaringan dan switch dalam keadaan yang baik.
Masalah  : Kemungkinan ada masalah dengan kabel yang digunakan.
Solusi : Ganti Konektor (RJ-45) dengan yang baru , dang anti apabila perlu. Dan juga periksa susunan warna kabelnya, juga kerapatan antara kabel dengan konektor.
11. Gejala : Printer tidak dapat di akses pada komputer lain
Masalah : Dikarenakan printer tersebut belum di sharing
Solusi : Caranya masuk ke control panel printers and faxes, lalu pilih printer yang akan di sharing lalu klik kanan, pilih sharing, kemudian pilih sharing this printer lalu klik ok.
 12. Gejala : Koneksi Internet lambat.
Masalah : Kemungkinan terlalu banyak pengguna/client sehingga menyebabkan koneksi internet lambat.
Solusi : Sebaiknya kurangi pengguna/client, atau menambah bandwith.
13. Gejala : Koneksi antara komputer dengan acces point lambat.
Masalah : Kemungkinan karena jarak yang terlalu jauh antara komputer dengan acces point.
Solusi : Memperdekat jarak antara komputer dengan accespoint

Tidak ada komentar:

Posting Komentar